Membuat Surat Lamaran Via Email

Membuat Surat Lamaran Via Email – Bekerja adalah cara untuk memenuhi kebutuhan seseorang. Dengan bekerja ada juga pengakuan bahwa seseorang bekerja untuk perusahaan ini. Karena semakin berkembangnya teknologi di zaman yang semakin maju saat ini, memudahkan siapa saja untuk mencari lowongan pekerjaan dan melamar pekerjaan. Karena kita tidak perlu lagi repot-repot pergi langsung ke suatu instansi atau perusahaan untuk mencari pekerjaan atau mengajukan lamaran pekerjaan. Di bawah ini adalah contoh surat lamaran kerja yang bisa Anda gunakan sebagai referensi.

[related by="category" number='1']

Di era modern ini, contoh surat lamaran kerja melalui email kini banyak dicari oleh para pencari kerja. Jika dulu lamaran kerja selalu dikirim melalui pos atau diantar langsung ke agensi atau perusahaan, kini pencari kerja yang hanya mengirim email dapat mengirim lamaran kerja ke perusahaan dengan lebih mudah.

Membuat Surat Lamaran Via Email

Membuat Surat Lamaran Via Email

Sebenarnya cara pembuatan lamaran kerja via email ini tidak hanya bermanfaat bagi pencari kerja yang tidak perlu membeli amplop, perangko atau surat menyurat lainnya, tetapi cara ini juga bermanfaat bagi perusahaan karena proses rekrutmen menjadi lebih efisien.

Contoh Lamaran Kerja Via Email, Sangat Mudah!

Bahkan instansi atau perusahaan sudah mulai menggunakan teknologi email dalam proses rekrutmen karyawan. Oleh karena itu, banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan dan mempersilahkan pencari kerja untuk mendaftar dan mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya melalui email.

Jika saat ini Anda ingin melamar pekerjaan melalui email dengan melampirkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya. Ada baiknya Anda membaca informasi berikut sebagai referensi saat mengirimkan lamaran ke perusahaan melalui email.

Di bawah ini adalah informasi informasi apa saja yang harus dipersiapkan dalam mengirim surat peringatan kerja via email beserta 16 contoh surat lamaran kerja via email dan cara mengirim lamaran kerja via email untuk berbagai keperluan.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan oleh perusahaan terlebih dahulu. Pastikan untuk mempersiapkan semua dokumen dengan benar sesuai kebutuhan perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Terbaru & Menarik, Baik Dan Benar

Umumnya perusahaan membutuhkan dokumen seperti scan ijazah, sertifikat TOEFL, sertifikat pelatihan atau magang, scan KTP, scan nilai, CV dan dokumen penting lainnya.

Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua dokumen dipindai dengan rapi dan jelas sehingga disetujui dan dibaca dengan jelas oleh HRD. Dan sesuaikan ukuran file dengan permintaan perusahaan agar ukuran file tidak terlalu besar dan pastikan format file sesuai dengan perusahaan seperti “.doc”, “.pdf”, atau “.jpeg”.

Meski menggunakan nama lengkap yang jelas di email merupakan hal yang diperhatikan HR, banyak orang yang masih menyepelekan hal ini.

Membuat Surat Lamaran Via Email

Untuk email bisa menggunakan email dari Google yaitu Gmail atau bisa juga menggunakan Yahoo. Keduanya sama-sama banyak digunakan untuk melamar pekerjaan.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Menurut Hrd (.doc)

Saat mengirim email surat lamaran kerja dan kelengkapannya, perusahaan harus memberikan informasi tentang subjek atau format email. Ada beberapa kriteria dalam pengiriman surat lamaran kerja melalui email, antara lain email atau penerima CC yang dituju, subject, isi email, dan attachment atau lampiran.

Hal ini juga harus diperhatikan jika Anda ingin mengirim lamaran kerja melalui email untuk menyesuaikan jam kantor. Artinya antara jam 9.00 – 12.00 atau jam 13.00 – 16.00, dan pastikan Anda mengirim saat lowongan kerja masih tersedia. Tujuannya adalah untuk menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang profesional.

Dalam mengirimkan surat lamaran kerja beserta kelengkapannya melalui email, Anda dapat menggunakan smartphone atau laptop/PC. Namun, disarankan untuk mengirimkannya melalui atop/pc untuk memastikan bahwa dokumen sudah benar dan lengkap.

Selain itu, Anda tetap dapat menggunakan smartphone dengan mentransfer data penting yang diperlukan dari laptop/PC ke smartphone.

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar [template Gratis]

Pastikan Anda mengecek ulang alamat email perusahaan, jangan sampai satu huruf/lebih untuk menulis email perusahaan, karena hal ini akan mencegah surat lamaran terkirim ke email perusahaan.

Beberapa perusahaan sekarang membutuhkan posisi yang dilamar untuk dimasukkan dalam subjek email. Hal ini berguna bagi perusahaan atau HRD untuk dengan mudah mengetahui bahwa email yang masuk berasal dari pelamar kerja

Namun, ada juga perusahaan yang menginginkan subjek yang berbeda. Anda harus lebih berhati-hati dalam membaca informasi dari perusahaan, terutama pada subjek email yang ditentukan oleh perusahaan.

Membuat Surat Lamaran Via Email

Tulis surat lamaran kerja Anda secara lengkap dan ringkas di badan email, jangan lama-lama dalam menulis surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Staff Auditor (fresh Graduate)

Di sini Anda dapat menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file .DOC kemudian memasukkannya ke dalam lampiran dan Anda juga dapat menulis surat lamaran kerja langsung di email.

Padahal, penulisan surat lamaran kerja di body email dimaksudkan agar HRD bisa langsung membaca surat lamaran kerja yang kami kirimkan tanpa harus mendownload surat lamaran kerja dalam bentuk doc terlebih dahulu.

Pastikan Anda melampirkan semua file yang dipindai, baik itu KTP, Ijazah, Transkrip dan sesuai persyaratan perusahaan,

Cobalah untuk tidak menyimpan file terlampir lebih besar dari 2 MB. Penting untuk diperhatikan dalam melampirkan file, untuk itu Anda perlu lebih berhati-hati karena setiap lowongan pekerjaan berbeda dalam melampirkan file.

Contoh Surat Lamaran Kerja Di Pt Dan Cara Membuatnya

Ada banyak perusahaan yang mengharuskan semua file diubah menjadi 1 file PDF dan ada juga perusahaan yang meminta untuk menggabungkan file dalam bentuk .RAR/.ZIP menjadi 1, jadi di sini Anda perlu membaca lebih teliti. Aturan dari perusahaan.

Jika semuanya diisi seperti alamat email perusahaan, subjek, lampiran dan konten email. Kemudian Anda perlu memeriksa semuanya kembali, periksa apakah surat lamaran memenuhi persyaratan perusahaan.

Dan yang terpenting adalah mengecek apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karena jika salah maka surat lamaran tidak akan terkirim.

Membuat Surat Lamaran Via Email

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *