Membuat Nomor Otomatis Di Word – Cara Membuat Daftar Isi Otomatis – Bagi Anda yang sedang menulis skripsi, tugas akhir, makalah atau karya tulis ilmiah. Anda pasti bingung, bagaimana cara otomatis membuat daftar isi dengan nomor halaman berbeda di Microsoft Word?
Tenang, jangan khawatir. Di sini saya akan memberi tahu Anda cara membuat daftar isi otomatis di Word dengan cepat dan mudah. Baca Juga : Cara Membuat 103 Label Undangan di Microsoft Word
Membuat Nomor Otomatis Di Word
Daftar isi merupakan bagian penting yang memuat bab dan sub bab dari skripsi, tugas akhir atau karya ilmiah yang telah kami selesaikan dengan nomor halaman.
Mudah Membuat Daftar Gambar Otomatis Pada Microsoft Word
Fungsi daftar isi adalah untuk memudahkan pembaca menemukan nomor halaman bagian tertentu yang dicari pembaca.
Namun, lebih baik setidaknya membuat daftar isi otomatis daripada membuat daftar isi secara manual yang memakan banyak waktu. Baca Juga: Cara Membuat Header dan Footer yang Berbeda untuk Setiap Halaman di Word
Langkah 1. Buka dokumen Word tempat Anda ingin membuat daftar isi. Di sini saya telah membuat dokumen yang berisi daftar pustaka yang akan dimasukkan dalam Bab I, II, III dan Daftar Isi.
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Dan Manual Di Word 2010, 2016, 2019
Langkah 2. Blok Bab I => Klik Menu Referensi => Tambah Teks => Pilih Level 1. Kemudian ubah posisinya menjadi center, klik menu Home => pilih Center.
Langkah 3. Kemudian klik Background Block => menu Referensi => Tambah Teks => Pilih Level 2. Kemudian ubah posisinya menjadi tengah.
Langkah 4. Sama halnya dengan perumusan masalah, tujuan penulisan makalah dan tujuan penelitian dirumuskan pada Level 2. Metode No. di atas. 2 adalah sama.
Gampang! Cara Buat Titik Daftar Isi Otomatis Di Ms Word
Langkah 5. Blokir Bab II => Klik Menu Referensi => Tambah Teks => Pilih Level 1. Kemudian ubah posisinya menjadi tengah. Bab II juga merupakan judul bab.
Langkah 6. Blok Tata Letak Pemahaman dan Manfaat => Klik Menu Referensi => Tambah Teks => Pilih Level 3. Kemudian ubah posisinya menjadi tengah. Ini adalah sub-judul dari sub-bab.
Catatan: Klasifikasi masing-masing pos menurut bagiannya. Seperti judul bab level 1, sub bab level 2 dan sub bab level 3.
Cara Membuat Tabel Secara Otomatis Pada Ms Word
Langkah 8. Selanjutnya kita buat daftar isi. Cara memindahkan kursor ke kiri bab I => Tekan Enter. Hal ini dilakukan agar ada gap antara Daftar Isi dengan Bab I.
Langkah 9. Kemudian pada menu References, pilih Table of Contents => Auto Table 1. Maka akan muncul daftar isi.
Nah, di sini bab III dan daftar pustaka tidak termasuk dalam daftar isi. Untuk menambahkannya ke daftar isi, blok Bab III => klik menu Referensi => Tambah Teks => pilih Level 1 dan ubah posisinya menjadi tengah (ikuti langkah 2 di atas).
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis Di Word Tanpa Tab Dan Titik Manual
Langkah 11. Kemudian klik pada area daftar isi, tabel pembaruan akan muncul dan klik di atasnya. Kemudian muncul jendela Update Table of Contents. Ada 2 pilihan yang tersedia, silahkan pilih Update whole table => lalu klik OK.
Catatan: Memperbarui nomor halaman berarti Anda hanya memperbarui nomor halaman. Memperbarui seluruh tabel berarti memperbarui semua daftar isi.
Langkah 1. Buat nomor halaman berikutnya. Caranya Klik Menu Sisipkan => Nomor Halaman => Bawah Halaman => Pilih Nomor Biasa 3.
Cara Membuat Nomor Antrian Atau Nomor Tempat Duduk Ujian Secara Otomatis…
Langkah 2. Sekarang nomor halaman muncul. Tapi di sini kita melakukan nomor halaman secara berbeda. Dengan kombinasi angka dan huruf Romawi.
Kemudian akan muncul jendela Page Number Format. Ubah format angka menjadi karakter Romawi. dan pilih Start at (isi dengan huruf i) lalu klik OK.
Untuk membuat nomor halaman yang berbeda, kita tidak perlu lagi membuat halaman berikutnya pada halaman Bab I, karena kita sudah membuatnya di awal (Langkah 8). Baca juga: Cara mengubah warna latar belakang foto di Word