Cara Membuat Transition Di Powerpoint 2010 – 3. Sisipkan – tab Sisipkan terdiri dari tujuh grup, yaitu: 1. Tabel 2. Gambar 3. Ilustrasi 4. Link 5. Teks 6. Simbol 7. Media – Deskripsi Menu pada tab Sisipkan: Tabel: untuk membuat atau menempatkan tabel pada slide Picture : untuk menyisipkan gambar pada slide Clip art : untuk menyisipkan gambar pada slide Shapes : untuk membuat bentuk, untuk melengkapi slide presentasi agar terlihat lebih menarik dan indah SmartArt : untuk menampilkan visualisasi dalam bentuk of diagram Graph : untuk menyisipkan dan menempatkan grafik pada slide Hyperlink : untuk menghubungkan dari satu bagian ke bagian lain Text Box : untuk menyisipkan teks yang tidak langsung dilengkapi dengan kotak Header and Footer : untuk mengatur atau menyisipkan footer dan nomor halaman pada slide WordArt : membuat variasi teks dengan tampilan yang lebih menarik Date and Time : untuk mengatur atau menyisipkan tanggal dan waktu per slide Movie : untuk menyisipkan movie pada slide Sound : untuk menyisipkan suara pada slide 4. Design – Tab Design terdiri dari tiga kelompok, yaitu : 1. Page Setup 2. Themes 3. Background – Deskripsi Menu pada tab Design : Page Setup : untuk mengurutkan slide Slide Orientation : untuk mengarahkan slide Themes : untuk membuat slide presentasi lebih menarik Background : untuk mengatur atau memilih background motif pada slide 5. Transitions – tab Transitions terdiri dari tiga kelompok, yaitu: 1. Overview 2. Transition ke slide ini 3 Time – Deskripsi Menu pada tab Transitions: Transisi ke slide ini: untuk slide yang dibuat Suara: untuk efek suara slide yang dibuat Duration : untuk menampilkan waktu perpindahan slide yang dibuat 6 Animations – Tab Animations terdiri dari empat grup yaitu : 1. Preview 2. Animation 3. Advanced animation 4. Timing – Deskripsi menu pada tab Animation unce : Preview : tombol ini digunakan untuk menampilkan hasil animasi yang anda buat untuk slide anda Animation : untuk memilih animasi objek pada slide, terdiri dari animasi animasi dan custom Animation Pane : untuk menampilkan jenis animasi yang harus dibuat Add Animation : untuk menambahkan jenis animasi pada objek pada slide 7. Slideshow
Tab Slide Show terdiri dari tiga grup, yaitu: 1. Memulai Slide Show 2. Setup 3. Monitor – Menu Deskripsi pada tab Slide Show: From Start : untuk memulai slide dari awal hingga akhir slide From Current Slide : untuk memulai slide mulai dari slide yang aktif atau slide yang sedang dipilih sampai akhir slide Custom Slide Show : untuk mengatur sendiri urutan slide presentasi sesuai keinginan Slide Show Setup : untuk mengatur slide show Hide Slide : untuk menyembunyikan slide yang diinginkan Rehearsal Time : untuk mengatur tampilan slide menggunakan waktu tertentu agar slide yang ditampilkan tepat waktu sesuai dengan waktu yang ditentukan. 8. Review – Tab Review terdiri dari empat kelompok, yaitu : 1. Check 2. Language 3. Comments 4. Comparison – Description Menu pada tab Review : Check : digunakan untuk mengecek gaya penulisan yang sudah kamu tulis pada slide Comments : untuk menambahkan catatan ke slide Anda Lindungi : untuk melindungi slide presentasi Anda 9. Tampilan – Tab Tampilan terdiri dari tujuh grup: 1. Tampilan presentasi 2. Tampilan utama 3. Tampilan 4. Zoom 5. Warna/Skala abu-abu 6. Jendela 7. Makro – Deskripsi Menu pada tab View: Normal: untuk menampilkan struktur presentasi lengkap, konten slide, dan catatan slide. Sort Slides : untuk menampilkan seluruh slide yang telah Anda buat pada halaman thumbnail Notes : untuk menampilkan seluruh slide dengan catatan atau informasi tambahan dari setiap slide. Catatan ini digunakan untuk membantu memberikan penjelasan dari setiap titik atau bagian pada slide. Slide Master : untuk mengatur dan menambahkan sesuatu, teks dan objek yang akan ditempatkan pada setiap slide yang akan dibuat. Ruler : untuk menampilkan atau menyembunyikan garis tabel. Zoom : untuk menentukan pengaturan ukuran jendela kerja. Fit to window: untuk menentukan tampilan slide presentasi dengan tampilan yang sesuai dengan jendela Power Point. 2.2 Menggunakan fitur manajemen file presentasi seperti: buat (create/new), simpan (save), buka (open), simpan dengan nama yang berbeda (save as), tambah (insert) presentasi baru, edit dan hapus.