Cara Membuat Kode Barang Di Excel

Cara Membuat Kode Barang Di Excel – 2 Aplikasi Inventory Aplikasi Inventory dengan Excel Excel APLIKASI INVENTORY WITH EXCEL PENDAHULUAN Laporan inventory merupakan informasi penting dalam pengelolaan inventory, informasi penting yang harus ada dalam sebuah laporan inventory meliputi informasi mengenai barang masuk, barang keluar dan saldo penutup. Informasi ini dapat digunakan untuk menganalisis perputaran barang dalam persediaan. Semakin banyak barang yang keluar maka semakin baik omzet barang tersebut. Diperlukan sistem atau aplikasi untuk membuat laporan persediaan. Sistem yang kami bangun menggunakan Excel, karena menurut kami orang-orang paling banyak menggunakan Excel. Sistem ini sangat sederhana, namun cukup representatif untuk menghasilkan laporan persediaan, termasuk informasi barang masuk, barang keluar dan saldo akhir. Metode harga pokok yang digunakan adalah sistem harga pokok rata-rata, yaitu perhitungan berdasarkan harga pokok keadaan awal dan harga pokok impor. Jika dijelaskan dalam rumusan sebagai berikut. Selanjutnya nilai hpp digunakan untuk barang habis (penjualan) hpp dan persediaan akhir hpp. 2

[related by="category" number='1']

3 CARA MENGGUNAKAN APLIKASI INVENTORY Menggunakan aplikasi inventory ini sangat mudah karena sistem yang dibangun sangat sederhana. Dengan beberapa halaman singkat ini, kami memastikan bahwa Anda akan dapat memahami dan menerapkannya dengan baik. 1. Pertama, isikan identitas pada lembar “Menu” – Nama Perusahaan – Bulan – Laporan Tahunan Misalnya misalnya PT. Media Komputer akan membuat laporan persediaan berdasarkan transaksi persediaan bulan Januari. Berdasarkan informasi tersebut, jika diisi pada lembar “Menu” sebagai berikut 3

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

2. Selanjutnya siapkan daftar barang yang berisi kode barang, nama barang, satuan dan harga barang. Misalnya PT. Media Komputama memiliki daftar barang berdasarkan status barang per 31 Desember 2006 sebagai berikut. Berdasarkan informasi ini, masukkan kode barang dan nama barang di lembar “Daftar” seperti yang ditunjukkan di bawah ini. 4

Menghubungkan Perhitungan Rumus Antar Sheet Di Excel

5 Tambahkan data pada kolom Inventory Limit, yaitu informasi mengenai batas inventory terendah. Informasi ini akan muncul pada lembar “Laporan” jika jumlah unit inventaris memiliki saldo yang sama dengan ambang batas inventaris, yang akan muncul sebagai garis inventaris berwarna hijau. 3. Berdasarkan data daftar barang PT. Media komputer di atas, masukkan juga saldo awal barang di “Saldo”. Entri data dilakukan secara manual kecuali untuk kolom “Item name” dan “Amount”, yang merupakan kolom sel rumus fungsi. – Isikan kode barang sesuai dengan kode barang pada lembar “Daftar”. Hal ini dapat dilakukan dengan menyalin kode barang pada lembar “Inventory” ke dalam “Neraca”, kemudian kolom “Nama Barang” akan menyesuaikan dengan masing-masing kode. – Isi juga kolom “Satuan” dan “Hpp”, kemudian kolom “Jumlah” akan menghitung total harga barang berdasarkan perkalian antara unit dan produk hpp. 5

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

6 4. Isilah lembar “Laporan” pada kolom “Kode” agar data yang dimasukkan melalui saldo awal, keluar dan masuk dapat ditampilkan pada lembar “Laporan” sesuai kode masing-masing item. 5. Masukkan informasi tentang pemasok atau pemasok barang tetap pada lembar “Supplier”. Informasi ini digunakan sebagai database vendor yang nantinya dapat ditampilkan pada daftar “Enter” untuk melengkapi informasi pembelian. Entri data ini dilakukan secara manual untuk semua kolom. 6

7 6. Isikan informasi tentang pelanggan atau pelanggan tetap pada lembar “Pelanggan”. Untuk pelanggan umum, buat data “uang tunai pelanggan” yang dapat digunakan untuk data pelanggan umum. Data ini digunakan sebagai database pelanggan yang nantinya dapat ditampilkan pada lembar “Keluar” untuk melengkapi data penjualan. Entri data ini dilakukan secara manual untuk semua kolom. 7. “Masukkan” lembar untuk mengisi tanda terima barang, bisa berupa pembelian atau pengembalian barang. Untuk setiap transaksi, selesaikan setiap baris dengan lengkap. Faktur pembelian biasanya berisi beberapa item barang, sehingga pada lembar Entry semua item tersebut harus diisi secara lengkap pada setiap barisnya. Kolom yang harus diisi adalah Date, Record, Data, Supplier Code (drop-down list), Item Code (drop-down list), Unit dan HPp. Kolom Supplier Name dan Product Name akan otomatis terisi sesuai dengan kolom kode di sebelah kiri. 7

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

Contoh Pembukuan Stok Barang Keluar Dan Masuk Secara Manual

8 Lembar “Enter” adalah sumber data atau database yang akan diolah menjadi lembar “Laporan”. 8. Lembar “Out” untuk pengisian barang atau penjualan. Setiap transaksi penjualan harus diisi secara lengkap pada setiap baris seperti pada lembar “Enter”. Kolom yang harus diisi adalah Tanggal, Bukti, Data, Kode Pelanggan (daftar drop-down), Kode Barang (daftar drop-down), Harga Satuan dan Harga Jual. Kolom Nama Pelanggan dan Nama Barang akan otomatis terisi sesuai dengan kolom kode di sebelah kiri. 8

9 Lembar “Output” seperti sumber data atau database yang diolah menjadi lembar “Laporan”. Selain itu, sebagai basis data untuk membuat akun di lembar “Akun”. 9. Lembar “Laporan” memuat data perubahan unit komoditi berupa saldo awal, masuk, keluar dan akhir. Nilai satuan saldo awal berasal dari database saldo awal pada lembar “Neraca”, nilai satuan masukan bersumber dari database barang masukan pada lembar “Masuk”, dan nilai satuan keluaran bersumber dari database barang keluaran pada Lembar “Keluar”. Sedangkan nilai satuan keseimbangan akhir adalah selisih antara satuan keseimbangan awal, masukan dan keluaran. Nilai HPp dirumuskan berdasarkan metode rata-rata sistem sehingga memberikan nilai rata-rata stok HPp. 10. Lembar “Faktur” adalah formulir faktur penjualan berdasarkan data yang dimasukkan dalam database penjualan atau lembar “Keluaran”. Untuk menampilkan invoice, masukkan kode invoice pada kolom “Code” sesuai dengan kode invoice pada database penjualan yang ingin ditampilkan. 9

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

10 MENAMBAHKAN BARIS DATA DAN LAPORAN Untuk menambahkan baris data atau baris laporan, langkah-langkahnya cukup sederhana – pertama-tama masukkan baris yang ingin Anda tambahkan di antara baris yang ada, bukan di luar baris untuk menghindari membaca beberapa rumus. Perintahnya seperti perintah insert row di excel, pertama blok beberapa baris yang ditambahkan, lalu gunakan menu Insert > Row. – Kemudian isi rumus pada baris kosong yang baru dengan rumus pada baris di atas atau di bawahnya. Untuk lembar “Output”, ada rumus tersembunyi di kolom kiri. Untuk membukanya, klik tanda + (plus) di sudut kiri atas tabel. Setelah dibuka, Anda melihat sel rumus yang masih kosong (setelah memasukkan baris). Salin sel kosong dengan rumus di atas atau di bawahnya. 10

Rumus Excel Beserta Contohnya Yang Diperlukan Untuk Dunia Kerja

11 Sedangkan untuk sheet “Account”, rumus pada kolom “Number” harus diberi nomor urut, urutannya tidak boleh terputus atau dilompati. Salin sel-sel di atasnya dari nomor baris pertama ke nomor baris terakhir sehingga nomornya berurutan lagi. 11

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

12 MEMBUAT LAPORAN BULAN BERIKUTNYA Aplikasi inventaris sebaiknya hanya digunakan untuk laporan bulanan agar tidak terlalu banyak data yang akan mempengaruhi kerja Excel. Untuk membuat laporan berikut, lakukan langkah-langkah berikut: 1. Salin file laporan sebelumnya dan beri nama file setelah nama bulan untuk memudahkan identitas file. Misalnya, file laporan sebelumnya pada bulan Januari, kemudian file tersebut disalin dan diubah namanya menjadi file Februari. 2. Buka file bulan Februari, kemudian hapus data pada lembar Neraca, Input dan Output. 3. Pindahkan secara manual laporan saldo terakhir di file sebelumnya dari lembar “Laporan” ke saldo awal bulan di file berikutnya di lembar “Saldo”. Nilai saldo yang ditransfer sudah termasuk Unit dan HPp yang akan digunakan sebagai saldo awal bulan berikutnya. Cara bergerak cepat dengan menyalin dan menggunakan perintah khusus Copy > Paste dan pilih Value. Karena data yang disalin dalam bentuk rumus, sehingga dapat disalin dan dikonversi ke nilai (teks) daripada rumus, gunakan perintah ini. 12

13 4. Isikan transaksi baru pada sheet “Incoming” dan sheet “Outgoing” untuk file Februari. 5. Dan seterusnya. 13

Cara Membuat Kode Barang Di Excel

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.